Gabor Kiraly menjadi pemain paling tua yang terdaftar di Piala Eropa 2016. Menginjak usia 40 tahun, Kiraly masih dipercaya untuk menjaga mistar gawang kesebelasan Hongaria.

Pemain yang saat ini sedang bermain untuk Haladas ini pernah memperkuat beberapa klub di benua Eropa. Beberapa nama klub di Eropa seperti Hertha Berlin, Crystal Palace, Aston Villa, Bayer Leverkusen, serta Fulham pernah memakai jasa dari pria kelahiran 1 April 1976 ini.

Melihat penampilannya selama di atas lapangan, Kiraly punya kebiasaan yang sejak lama menjadi ciri khasnya. Di atas lapangan pertandingan, dia selalu mengenakan celana tracksuit panjang. Itu sebabnya dia mendapat julukan sebagai The Pyjama Men atau Sang Lelaki Piyama.

“Aku adalah seorang pemain sepakbola, bukan seorang model. Aku merasa nyaman dengan ini. Aku telah bermain di lapangan tanah dan rumput yang beku ketika musim dingin. Itu semua membuat kakiku sakit ketika melompat, sehingga aku merasa nyaman saat memakai celana panjang,” ungkap Kiraly dalam situs resmi UEFA.

“Aku pernah mencoba mengenakan celana pendek ketika bermain di Inggris dan Jerman. Namun saat itu aku tidak merasa nyaman. Menurutku, hasil akhir jauh lebih penting daripada sekedar penampilan,” tambahnya.

Pada akhirnya, gaya berpakaian tidak begitu penting dibandingkan performa di atas lapangan. Jika kesebelasan Hongaria masih memberinya kepercayaan sampai 16 tahun lamanya menjaga mistar gawang, pastilah Kiraly bukan pemai sembarangan.

Walaupun timnas Hongaria memiliki dua kiper lain yang berusia jauh lebih muda, yakni Denes Dibusz (25 tahun), Peter Gulacsi (26), kemungkinan besar Kiraly tetap akan tampil sebagai starter dalam pertandingan pertama melawan Austria malam ini, 14 Juni 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *