Manajer baru tim nasional Spanyol, Julen Lopetegui, meminta timnya untuk segera move on dari bayang-bayang kesuksesan masa lalu. Dia ingin agar para pemain timnas Spanyol memulai era baru bersamanya.

Spanyol pernah menjadi yang nomor satu di dunia sepakbola dunia dan Eropa. La Furia Roja menjuarai tiga turnamen mayor secara berurut, mulai dari Piala Eropa 2008, Piala Dunia 2010, lalu kemudian Piala Eropa 2012.

Tapi setelah itu, performa kesebelasan Spanyol mengalami kemerosotan dalam beberapa tahun terakhir. Setelah tersingkir di fase grup Piala Dunia 2014, Spanyol kemudian hanya mampu menjajak sampai ke babak 16 besar Piala Eropa 2016.

Lopetegui ditunjuk oleh Federasi Sepakbola Spanyol untuk menggantikan Vicente del Bosque, meyakini saat ini adalah waktunya memulai generasi baru di timnas Spanyol. Apalagi tantangan baru kini juga sudah ada di depan mata, yakni kualifikasi Piala Dunia 2018.

“Spanyol pernah mendominasi sepakbola dunia hampir selama selama satu dekade dan sekarang dua kejuaraan sudah ada di depan mata kami, Piala Dunia dan Piala Eropa, di mana kami tidak melakukannya,” ungkap Lopetegui seperti yang dilansir dari Soccerway.

“Yang harus kami lakukan sekarang adalah mengerahkan semua tenaga untuk tampil bagus dalam hal-hal yang bisa kami kendalikan. Kami sadar bagaimana sulitnya kualifikasi, tapi juga kemampuan dari tim nasional Spanyol dan potensi yang kami miliki.”

Dalam fase kualifikasi Piala Dunia 2018, Spanyol masuk dalam Grup G bersama Italia, Albania, Israel, Makedonia, dan Liechtenstein. Sebelum mengawali fase kualifikasi kontra Liechtenstein pada 5 September 2016 mendatang, Spanyol akan menjalani laga ujicoba melawan kesebelasan Belgia pada tanggal 1 September 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *