Tim nasional Islandia meraih poin pertama mereka di turnamen Piala Eropa 2016 setelah bermain imbang 1 – 1 dengan kesebelasan Portugal. Poin penting itu mereka dapatkan melalui kerja keras tim.

Menghadapi kesebelasan Portugal di Stade Geoffroy-Guichard, Saint-Etienne, Rabu 15 Juni 2016 dinihari WIB, Islandia awalnya tertinggal 0 – 1 hingga akhir babak pertama. Gawang mereka yang dikawal oleh Hannes Halldorsson dibobol oleh Luis Nani pada menit ke-31.

Namun, Islandia berhasil membuat skor penyeimbang pada paruh kedua, atu tepatnya pada menit ke-50. Birkir Bjarnason menjadi pencetak gol pertama Islandia di turnamen Piala Eropa. Satu poin pada laga melawan tim kuat seperti Portugal terasa sangat berharga bagi Islandia. Mereka sangat gembira bisa mendapatkannya dalam laga debut di putaran final Piala Eropa.

Akan tetapi, poin itu diperoleh dengan usaha yang sangat keras. Mereka harus menghadapi gempuran bertubi-tubi dari Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan nyaris di sepanjang pertandingan.

“Kami merasa sangat gembira. Kami tahu bagaimana kuatnya Portugal. Mereka jauh lebih banyak menguasai bola dan sangat sulit bagi kami untuk menghadapi mereka,” ungkap manajer, Heimir Hallgrimsson dalam konferensi pers setelah pertandingan.

“Portugal adalah salah satu tim unggulan di sini dan mungkin mereka akan melaju jauh, tapi kami bertahan dengan fantastis. satu poin ini berkat kerja yang sangat keras dari kami,” tambah Hallgrimsson yang dilansir situs resmi UEFA.

Dengan hasil imbang ini, Islandia kini berbagi posisi kedua dan ketiga di klasemen sementara Grup F bersama Portugal. Mereka selanjutnya akan berhadapan dengan Hongaria pada laga kedua, Sabtu, 18 Juni 2016 mendatang. Hongaria sendiri menang 2 – 0 atas Austria dalam laga perdananya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *