Gelandang tim nasional Spanyol, Andres Iniesta menilai Spanyol sudah berkembang dibandingkan pertandingan pertama timnya di Piala Eropa 2016 lalu. Menurut Iniesta, Spanyol tampil sempurna karena memperoleh dukungan dari para suporter.

Spanyol meraih kemenangan telak 3-0 kala berhadapan dengan kesebelasan Turki di Allianz Riviera, Sabtu 18 Juni 2016 dinihari WIB, sekaligus memastikan diri lolos ke babak perempat final. Tiga gol kemenangan La Furia Roja dua di antaranya dibukukan oleh Alvaro Morata pada menit ke-34 dan 48, kemudian satu lainnya dicetak oleh Nolito pada menit ke-37.

Mengenai performa, La Furia Roja sangat dominan dan unggul dalam berbagai aspek. Mereka melakukan penguasaan bola sebesar 57%, melepaskan 18 percobaan serta enam di antaranya mengarah ke gawang. Selain itu, anak-anak asuh Vicente Del Bosque bisa mengantisipasi ancaman dari Turki. Seluruh enam usaha dari Turki tidak ada satupun yang mengarah ke gawang.

Hasil ini jauh lebih baik ketimbang pertandingan pertama menghadapi Republik Ceko, di mana ketika itu La Furia Roja kesulitan mendapatkan jalan keluar. Satu-satunya gol kemenangan Spanyol tercipta pada menit ke-87 melalui sundulan dari Gerard Pique.

“Seiring kompetisi berjalan, kami juga harus terus berkembang, melakukan segala sesuatunya dengan baik, serta meminimalisir kekurangan kami. Kami bisa melakukan itu hari ini,” ungkap Iniesta seperti yang dilansir dalam situs resmi milik UEFA.

“Menghadapi Republik Ceko kemarin sangat untuk mendapatkan intensitas sejak menit awal. Malam ini segalanya menjadi lebih tenang setelah gol pertama dan kami berhasil melakukan penguasaan bola yang lebih baik daripada pertandingan sebelumnya.”

“Jika saya bisa memberi nilai, saya akan memberi nilai 10 untuk para pemain dan nilai 10 untuk penggemar, yang telah mendukung kami dengan sangat luar biasa,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *